Senin, 02 Juni 2014

PBV GANEVO SC DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



I. SEJARAH PBV GANEVO SC
Pada bulan Juni tahun 1985 banyak kelompok anak-anak muda di Yogyakarta membentuk kelompok-kelompok yang berperilaku negarif yang biasa menyebutnya geng. Geng ini sering melakukan kontrontasi semua kelompok dengan berbagai macam adegan perkelahian.

Prihatin dengan kondisi tersebut beberapa pemuda di daerah Ngadinegaran berusaha membuat geng dengan tujuan untuk berprestasi dalam bidang olahraga bukan geng untuk berkelahi, para pemuda saat itu antara lain Prawoto, Kintoko, Soedjono Sutaryadi di Surya Kencana Ngadinegaran.

Geng ini menekuni berbagai cabang olahraga antara lain bolavoli, sepak bola, atletik, tenis meja, dan lain-lain. Geng ini kemudian dinamakan Geng VO. Kemudian pada tahun 1959 namanya diubah menjadi GANGVO dengan singkatan Gerakan Anak Ngadinegaran Volleyball. Untuk menghilangkan kesan geng atau kelompok maka nama tersebut diubah menjadi GANEVO yang kepanjangannya Gerakan Anak Ngadinegaran Volleyball. 

Pada tahun 1960-1965, GANEVO masuk PERVOMA (Persatuan Volleyball Mataram) atau PBVSI tingkat Kota Yogyakarta. Setelah masuk PERVOMA kepanjangan dari PBV GANEVO SC diubah menjadi Persatuan Bolavoli Galang dan Amalkan Norma Etika Via Olahraga Sport Club. 

Meskipun tujuan awal dari pendirian klub GANEVO ini hanya untuk mendidik anak-anak sekitar kampung, tapi lama kelamaan anggota klub berkembang dan mulai menerima anggota dari luar wilayah Ngadinegaran untuk berlatih bolavoli di klub ini. Dari sinilah cikal bakal berdirinya klub bolavoli GANEVO yang sampai sekarang masih aktif dalam melakukan pembinaan baik putera dan puteri yang telah menghadirkan beberapa pemain bolavoli Nasional. Saat ini pembinaan bolavoli di klub ini tidak hanya bolavoli indoor tetapi juga bolavoli pantai (beach volleyball).


II. ASAS DAN DASAR
  1. PBV GANEVO SC berasaskan Pancasila
  2. PBV GANEVO SC berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan dalam pelaksanaan berpedoman pada peraturan PP. PBVSI dan PBVSI DIY
III. PENDIRIAN PBV GANEVO SC
PBV GANEVO SC didirikan pada tanggal 06 Juni 1960 di Yogyakarta.

IV. SEKRETARIAT DAN TEMPAT LATIHAN

Sekretariat PBV GANEVO SC berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan alamat Ngadinegaran MJ III/123 Yogyakarta 55143 Telp: 08156896951, Email ganevo60@gmail.com. Sedangkan tempat latihan berada di Kompleks Balai Laboratorium Kesehatan dan GOR Lanud Adisucipto Yogyakarta.

V. SIFAT DAN FUNGSI
  1. PBV GANEVO SC adalah klub atau perkumpulan olahraga bolavoli.
  2. PBV GANEVO SC merupakan klub atau perkumpulan olahraga bolavoli anggota PBVSI Daerah Istimewa Yogyakarta.
VI. SIFAT, TUJUAN DAN FUNGSI
PBV GANEVO SC mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga di cabang olahraga bolavoli baik indoor maupun pasir/pantai, membangun karakter, mengangkat harkat, martabat, dan ikut membina persatuan dan kesatuan di perbolavolian. PBV GANEVO SC mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga di cabang olahraga bolavoli baik indoor maupun pasir/pantai, membangun karakter, mengangkat harkat, martabat, dan ikut membina persatuan dan kesatuan di perbolavolian. Sedangkan fungsinya adalah membina pertumbuhan dan perkembangan olahraga bolavoli, meningkatkan pembibitan atlet dari usia dini, menunjang pencapaian prestasi bolavoli indoor dan pasir/pantai secara Nasional dan Internasional.

VII. TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB
  1. PBV GANEVO SC membantu Pengkot PBVSI Kota, Pengda PBVSI DIY dalam menentukan kebijakan pemilihan dan pengiriman atlet ke tingkat Nasional.
  2. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan bolavoli dari tingkat Daerah, Wilayah dan Nasional
VIII. ANGGOTA PBV GANEVO SC
Keanggotaan PBV GANEVO SC terdiri dari:
1. Anggota biasa
2. Anggota pengurus
3. Anggota dewan pembina

3 komentar:

  1. Mantap dan bermanfaat sekali bagi anak-anak muda
    Untuk gabung latihan di ganevo syaratnya apa saj ?

    BalasHapus
  2. Kalo mau daftar caranya gimana ya?

    BalasHapus
  3. Tempat daftarnya dan latihan ya dmn ya?

    BalasHapus